Pendidikan Pra Nikah

May 8, 2011 at 4:45 pm Leave a comment

Pendidikan Pranikah

Menjadi Tua Itu Pasti, Dewasa Itu Pilihan

Pra NikahSamakah antara tua dan dewasa? dua hal tersebut memiliki arti dan maksud yang berbeda, yang satu menunjukkan keadaan dan yang lain menunjukkan sikap dan perilaku wajar tentang suatu keadaan. Apakah bisa nantinya tidak sejalan?, “Seharusnya sejalan” kata beberapa orang demikian. Dalam kehidupan remaja antara menjadi tua dan menjadi dewasa sangat dibutuhkan apalagi keadaan remaja masa kini penuh dengan depresi dan distorsi kejiwaan, mencari jati diri dan mencoba-coba hal yang baru, padahal setiap keluarga mengharapkan putra putrinya menjadi insan yang dewasa dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Perkawinan sebagai peristiwa sakral dalam perjalanan hidup dua individu. Banyak sekali harapan untuk kelanggengan suatu pernikahan. Agar harapan pernikahan dapat terwujud, maka diperlukan pendidikan pranikah dan parenting yang merupakan salah satu upaya penting dan strategis.

Saat ini, pendidikan pra nikah belum menjadi prioritas bagi keluarga maupun calon pengantin. Padahal dalam kursus diajarkan banyak hal yang dapat mendukung suksesnya kehidupan rumah tangga pengantin baru. Angka perceraian pun dapat diminimalisir dengan adanya pendidikan pra nikah.

Materi yang diberikan pada kursus pranikah antara lain, kesehatan organ reproduksi, UU perkawinan, UU KDRT. Dengan adanya pemaparan materi-materi itu, pasangan baru tersebut mengetahui apa hak dan kewajiban secara undang-undang. Misalnya saja pengantin jadi mengetahui, kalau saat terjadi perselisihan antar suami-istri, berdasarkan Undang-undang tetangga atau keluarga terdekat bisa menengahinya.

Pendidikan pra nikah juga dapat mengajarkan pemahaman kepribadian masing-masing calon pengantin dan pola-pola penyesuaian yang tepat pada setiap pasangan calon pengantin. Pemahaman tetnang kepribadian diri sendiri dan calon pasangan ini menjadi penting karena ditengarai banyak perceraian terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak disukai oleh lawan jenis.

Materi penting yang juga ada dalam pendidikan pra-nikah tersebut adalah mengenai cara menjadi orang tua yang baik. Seperti diketahui, menjadi orang tua tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan baik moril maupun materiil.

Pada kursus tersebut akan dibahas mengenai kesiapan menjadi orang tua, mendidik anak dan mengatur emosional. Selain itu peserta juga akan mendapatkan materi tentang managemen keuangan keluarga.

Mengingat Indonesia dikenal dengan kultur religinya, penyelenggara kursus dapat dilakukan oleh Departemen Agama. Lokasi pendidikan dapat dilakukan di tempat ibadah, misalnya untuk umat Islam dapat dilakukan di lingkungan masjid.

Entry filed under: Kacong Jebbing. Tags: , , , .

CAROK Cerita Nabi Musa dan Nabi Hidir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


DPD LDII BANGKALAN


%d bloggers like this: