Letak Geografis Kabupaten Bangkalan

May 7, 2011 at 4:25 pm Leave a comment

Kabupaten_Bangkalan

Kabupaten Bangkalan

Letak Geografis Kabupaten Bangkalan

Secara geografis Kabupaten Bangkalan memiliki nilai strategis, karena letaknya yang paling dekat dengan Pulau Jawa. Karena letaknya paling barat dari Pulau Madura, Bangkalan menjadi pintu gerbang untuk berbagai kegiatan terutama lintas barang dan jasa yang menghubungkan Jawa dan Madura.

Karena itu Bangkalan merupakan bagian dari wilayah pulau Madura yang masuk dalam pengembangan dari Kota Surabaya (Surabaya Metropolitan Area/SMA) yang merupakan kutub pertumbuhan ekonomi di Propinsi Jawa Timur yang berperan penting dalam mendukung perkembangan sektor industri, perdagangan, pertanian, dan pariwisata.oleh sebab itu peluang investasi di Bangkalan ini sangatlah baik.Letaknya yang strategis yaitu berada diujung barat Pulau madura yang berseberangan dengan Kota Surabaya yang merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di Jawa Timur,terlebih lagi apabila selesainya pembangunan jembatan Suramadu yang menghubungkan Kabupaten Bangkalan dan Kota Surabaya. Hasil proyeksi pertumbuhan menunjukkan bahwa ekonomi Madura (dalam hal ini termasuk Bangkalan) pada tahun 2013 diperkirakan telah berkembang pesat untuk industri padat modal, seperti : industri kimia, mineral, mesin dan elektronik. Industri sebagai engine of growth, diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor lainnya, seperti perdagangan, bangunan-konstruksi, transportasi-komunikasi, dan jasa-jasa termasuk keuangan dan sewa ruang perkantoran.
Kabupaten Bangkalan mempunyai luas wilayah 1.260.16 m2 secara geografis posisinya  berada di antara 112o – 113o BT dan 6o – 7o LS, yang dibatasi oleh Laut Jawa di sebelah utara,Kabupaten Sampang di sebelah timur, dan Selat Madura di sebelah selatan dan barat.Kabupaten Bangkalan di diami oleh 926.559 jiwa dengan kepadatan penduduk rata – rata 735/ m2, tersebar dalam 18 Kecamatan.Nilai PDRB Kabupaten Bangkalan pada tahun 2005 sebesar Rp. 4,51 Triliun dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangkalan sebesar 4.66 %.

Entry filed under: Teras Lencak. Tags: , .

Sejarah Bangkalan Kerapan Sapi “Krabban Sape”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


DPD LDII BANGKALAN


%d bloggers like this: